Kualifikasi :

Berikut kriteria/skill yang dibutuhkan seseorang yang ingin bekerja sebagai seorang Telemarketer:

  1. Memiliki nada bicara yang antusias untuk membuat calon pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan atau bisa dibilang memiliki kemampuan persuasif yang cukup baik walaupun hanya dari suara.
  2. Mampu menjadi fasilitator yang baik antara calon pembeli dengan produk yang akan ditawarkan, untuk itu pastikan kamu mempelajari produk dengan sangat baik sebelum menelpon.
  3. Merupakan pendengar yang baik untuk menghadapi pelanggan yang mencoba bertanya secara detail tentang produk yang ditawarkan.
  4. Gigih dan tidak gampang menyerah, terutama ketika menghadapi calong pelanggan yang bersikap ketus bahkan berbahasa kasar.
  5. Multitasking, karena seorang Telemarketer tidak hanya modal lisan saja. Dia harus bisa mendata calon pelanggan sekaligus menjelaskan produk secara bersamaan.
  6. Problem solving untuk membatu calon pelanggan lebih memahami produk yang ditawarkan demi meningkatkan ‘chance’ calon pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Tanggung Jawab :

Tugas utama dari seorang telemarketing atau BDA adalah melakukan penjualan lewat telepon produk layanan. Mereka harus mempunyai motivasi tinggi, suka dengan pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan. Mereka juga harus bisa bekerja di bawah tekanan, terbiasa dengan target dan juga bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

Menghubungi calon konsumen atau pelanggan

Telemarketing memiliki tugas untuk menghubungi calon konsumen atau pelanggan yang potensial. Semua dilakukan secara berkala lewat telepon. Mereka menawarkan produk atau jasa dan memberikan informasi sejelas mungkin pada konsumen agar tertarik membeli.

Melakukan penjualan dan juga menerima order

Tujuan dari berkomunikasi lewat telepon dengan konsumen adalah memberikan pengetahuan tentang produk dan jasa yang sedang ditawarkan. Sehingga, telemarketing bisa melakukan penjualan sekaligus menerima order atau permintaan yang sedang diajukan konsumen.

Mengumpulkan  informasi  berhubungan dengan produk atau jasa

Telemarketing juga harus mengumpulkan banyak informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan pada konsumen lewat telepon sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Ini bertujuan agar konsumen semakin mengerti tentang kegunaan atau fungsi dari barang dan jasa tersebut dan akhirnya tertarik untuk membeli.

Memberikan Motivasi Untuk Pelanggan

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing, mereka harus bisa memberikan motivasi dengan kata kata yang baik yang dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan sebab penjualan menjadi target utama dari pekerjaan telemarketing tersebut. Motivasi ini dilakukan supaya konsumen yang sudah jadi pelanggan bisa tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga harus dilakukan secara rutin.

Memberikan Kemudahan Pada Konsumen

Seorang telemarketing juga harus bisa memberikan segala kemudahan untuk para calon konsumen dan juga pelanggang dimana kemudahan kemudahan tersebut diberikan agar mereka jadi semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketing perusahaan tersebut.

Tugas Lain Telemarketing

Diantara beberapa tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang harus dilakukan telemarketing seperti:

  • Melakukan antisipasi terhadap masalah yang terjadi baik itu sebelum atau sesudah penjualan sehingga bisa dinetralisir
  • Memberikan dan juga menjelaskan tentang informasi sebuah produk atau jasa
  • Melakukan identifikasi mengenai semua kebutuhan dari pelanggan
  • Mengumplkan umpan balik, feedback atau jawaban yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

 

Tahap Membentuk Komunikasi Sukses Telemarketing

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan seorang telemarketing supaya komunikasi jarak jauh yang dilakukan dengan konsumen atau calon konsumen bisa berjalan dengan efektif, yakni:

  1. Identifikasi Target Pendengar

Komunikator pemasaran harus mempunyai ntarget pendengar yang cukup jelas, Audience bisa terdiri dari calon pembeli potensial dari produk perusahaan, pemakai produk, pengambil keputusan atau yang memberikan pengaruh. Telemarketing harus mengetahui karakteristik dari audience yang dikenal dengan istilah image analysis yakni menilai pandangan audience mengenai perusahaan, produk dan juga pesaing.

  1. Menentukan Tujuan Komunikasi

Respon yang diinginkan dari seorang telemarketing tentunya adalah kemauan konsumen untuk membeli barang atau jasa yang sedang ditawarkan, Teklemarketing harus mengetahui dengan baik tujuan dari komunikasi yang dilakukan sehingga akhirnya konsumen bisa tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan.

  1. Awareness

Apabila sebagian dari target konsumen belum sadar mengenai objek, jasa atau produk yang sedang ditawarkan, maka sudah menjadi tugas telemarketing untuk membangun kesadaran konsumen tersebut akan produk atau jasa.

  1. Knowledge

Sesudah konsumen sadar akan produk atau jasa yang ditawarkan, mungkin saja mereka belu mengetahui wawasan atau informasi yang luas mengenai jasa atau produk tersebut, sehingga telemarketing harus memberikan ifnromasi atau pengetahuan produk atau jasa pada konsumen secara jelas.

Alasan bergabung di perusahaan Kami :

- Gaji Pokok

- Insentif

- Komisi

- Tunjangan

 



Fungsi Kerja :
•  Consulting
Industri :
•  Marketing and Advertising
Jenjang Karir :
Pendidikan :
•  High School or Equivalent (SMU, SMK, etc)
Jurusan :
Jenis Kelamin :
Pengalaman Kerja :
•  Fresh Graduates / Less Than 1 Year Experience