Panduan Menghadapi “New Normal” Di Kantor

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa pemerintah akan berwacana untuk menjalankan new normal setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) usai. Nah konsep ini juga akan diterapkan di dunia kerja sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/ MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Panduan ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah ketika karyawan berangkat atau menuju tempat kerja, kedua adalah ketika bekerja di tempat kerja dan terakhir adalah ketika pulang ke rumah. Mari kita bahas panduan tersebut.

Bagian New Normal 1: Karyawan Menuju Tempat Kerja

Ketika pola hidup new normal sudah diterapkan kalian harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum berangkat kerja.

  1. Pastikan kamu dalam keadaan sehat ya. Jika kamu merasa tidak enak badan terutama jika kamu ada keluhan batuk, pilek, dan demam disarankan untuk tetap di rumah atau bekerja dari rumah.
  2. Selalu menggunakan masker selama di perjalanan.
  3. Sebisa mungkin buat tidak memakai transportasi umum ketika berangkat kerja. Kalau terpaksa nih, kalian harus memperhatikan physical distancing dengan menjaga jarak aman dan tidak sering menyentuh permukaan fasilitas umum serta selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer. Yang naik ojol bawa helm sendiri ya.
  4. Segala macam pembayaran transportasi atau transaksi selama perjalanan disarankan menggunakan non tunai.
  5. Jangan memegang area wajah dan mata ketika di perjalanan. Kalau terpaksa ingin memegang area wajah atau mata, gunakan tisu yang bersih.

Bagian New Normal 2: Ketika Sampai Dan Bekerja Di Kantor

Nah bagian kedua ini ketika kalian sudah sampai di kantor dan selama bekerja. Begini panduannya.

  1. Hal pertama ketika sampai di kantor adalah harus segera mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  2. Siku pengganti tangan. Iya, sekarang disarankan untuk membuka pintu atau menyentuh tombol lift dengan siku. Ketika di lift kalian harus tetap menjaga jarak dan saling membelakangi (menghadap ke dinding).
  3. Bersihkan tempat kerja kalian dengan desinfektan.
  4. Jangan sering menyentuh fasilitas umum di kantor. Jika memang terpaksa setelah selesai segera mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.
  5. Jaga jarak aman dengan rekan kerja. Sedikit sedih ya tidak bisa berdekatan lagi dengan rekan kerja.
  6. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja.
  7. Selalu menggunakan masker dan membiasakan tidak menjabat tangan.

Bagian New Normal 3: Ketika Pulang Ke Rumah

Ini adalah panduan terakhir untuk kalian ketika menerapkan new normal. Ini juga sangat penting karena terkait dengan orang-orang yang kalian sayangi. Sebisa mungkin kalian harus menerapkannya.

  1. Sampai rumah langsung membersihkan diri. Jangan rebahan atau dekat-dekat dengan keluarga kalian.
  2. Langsung rendam atau cuci dengan deterjen pakaian dan masker kain kalian. Jika menggunakan masker sekali pakai, sebelum kalian buang, gunting dan siram dengan cairan desinfektan/pemutih pakaian.
  3. Disarankan untuk membersihkan barang-barang yang kamu bawa ketika bekerja dengan desinfektan seperti telepon genggam, laptop, kacamata dan tas. Jangan dibasahi ya, nanti rusak barang-barang kalian, cukup dilap saja.
  4. Tetap jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan berolahraga selama 30 menit.
  5. Jika kamu atau keluargamu punya penyakit seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal dan autoimun harus lebih berhati-hati. Tidak lupa harus selalu mengontrol penyakit tersebut.

Itulah panduan new normal yang harus kalian perhatikan dan patuhi ketika akan berangkat bekerja, ketika bekerja dan sampai di rumah setelah bekerja. Dengan menerapkan kedisiplinan yang tinggi pasti situasi ini akan cepat berlalu. Yuk tetap semangat ya. Buat kalian yang belum mendapatkan pekerjaan, jangan bersedih hati, coba bikin akun JalurKerja.com. Di JalurKerja.com ribuan lowongan sedang menantimu lho.


Support by Urbanhire, untuk melihat sumber artikel klik disini.