4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Wisuda

Momen wisuda pasti menjadi salah satu saat yang paling membahagiakan dalam hidup kamu karena sudah berkuliah dan mengerjakan skripsi selama berbulan-bulan. Namun jangan terlalu larut dengan kebahagiaan wisuda, karena cepat atau lambat kamu akan berhadapan dengan realita pasca wisuda. Setelah wisuda kamu akan dihadapkan dengan realita , yaitu bekerja.

Di jaman sekarang, mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah terlebih bagi fresh graduate. Meskipun sulit bukan berarti tidak bisa didapat. Kamu hanya perlu rencana dan persiapan yang matang usai wisuda. Berikut hal-hal  yang bisa kamu lakukan setelah wisuda.

Aktif ikut workshop dan membangun relasi yang luas

Dalam mencari perkerjaan, prestasi dan nilai selama kuliah bukan menjadi patokan utama. Tapi relasi yang luas juga bisa menentukan cepat atau tidaknya kamu dapat pekerjaan. Membangun relasi memang tidak mudah terlebih kalau kamu bukan seorang yang aktif dalam organisasi semasa kuliah. Kamu bisa mulai membangun relasi dengan ikut workshop. Dengan aktif ikut workshop, kamu bisa meningkatkan soft skill sekaligus  membangun koneksi dengan orang lain. Yang paling penting kamu harus pede dan tidak minder dengan kemampuan kamu.

Mengikuti program magang atau kerja paruh waktu

Sekarang banyak perusahaan yang mengadakan program magang untuk menjaring karyawan yang memiliki potensi. Meskipun gaji sedikit, program magang bisa menjadi kesempatan kamu untuk mencari pengalaman di dunia kerja. Dengan program magang kamu bisa mencoba bagaimana rasanya bekerja di perusahaan. Kamu bisa menggunakan pengalaman magang untuk meningkatkan nilai jualmu. Selain itu, kamu juga bisa memulai perjalanan karirmu dengan bekerja part time atau paruh waktu. Gaji yang diterima memang tidak terlalu besar tapi pengalaman yang didapat bisa menjadi pelajaran berharga buat kamu.

Mempersiapkan CV dan latihan interview

Setelah wisuda, satu hal yang harus segera kamu lakukan adalah memperbaharui CV dan juga latihan interview. Cantumkan status pendidikan terbaru seperti IPK, judul skripsi, pengalaman organisasi, dan juga prestasi yang lain. Jangan lupa juga untuk mencantunkam foto terbaru. Selain itu, kamu juga perlu mulai latihan interview karena kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu akan mendapatkan interview pertama.

Setelah selesai mempersiapkan CV, daftar dan perbarui profil kamu di Urbanhire sehingga tetap up-to-date dengan perkembangan karier yang kamu miliki.

 

Menjadi relawan di berbagai kegiatan.

Kalau kamu masih dalam masa pencarian kerja namun tidak ingin di rumah saja, kamu bisa menjadi sukarelawan atau volunteer di lembaga atau yayasan. Ada banyak yayasan atau lembaga dari berbagai latar belakang yang membuka kesempatan untuk sukarelawan. Dengan menjadi sukarelawan, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru dan juga membangun relasi. Pengalaman tersebut bisa menjadi highlight dalam lembar CV kamu dan bisa menarik perhatian HRD.


Support by Urbanhire, untuk melihat sumber artikel klik disini.