Resume Yang Bagus Merupakan Langkah Awal Sukses Interview

Apakah anda percaya bahwa resume yang bagus merupakan langkah awal sukses interview?

Mencari kerja saat ini sudah mengalami perubahan dan persoalan tersendiri untuk para pelamar kerja, terutama untuk pria dan wanita dengan umur tertentu, seorang profesional yang biasa direkrut, mereka yang tidak pernah memanfaatkan situs pencarian kerja atau memperbaharui resumenya dalam 3 – 5 tahun terakhir, dan terutama bagi mereka yang masih berkutat dalam euforia sosial media.

Pengusaha yang sebenarnya tidak merekrut sebuah resume dan sebagian besar pencari kerja tidak menyadarinya, tapi dengan resume mereka dapat menyeleksi beberapa orang kandidat dan berasumsi terhadap pelamar kerja dalam sebuah sesi interview nantinya.

Kunci sukses resume yang bagus sama dengan suksesnya wawancara kerja. Anda harus coba melihat dari berbagai perspektif orang yang duduk dibelakang meja mengajukan pertanyaan dan bukan dari sudut pandang orang yang duduk di kursi wawancara. Dalam satu kalimat maksudnya adalah resume dan wawancara kerja tidak lebih dari perihal apa yang anda tawarkan, segala hal tentang perekrut, pemeriksa, pewawancara dan pihak pengambil keputusan yang ingin mempekerjakan anda.

Berikut adalah dua kunci sukses resume yang bagus merupakan langkah awal dalam sukses interview:

  • Apakah anda percaya bahwa kemungkinan lebih dari 65% pelamar kerja di perusahaan yang anda lamar merupakan cerminan diri anda, dan lebih dari 85% di antara mereka yang terpilih bersama dengan anda akan mendapatkan panggilan wawancara kerja. Anda dan mereka semua yang terpilih memiliki pengalaman yang sama, tanggung jawab kerja yang sama, pendidikan dan set keterampilan yang sama, selain itu berbagai faktor yang perusahaan lihat seperti kemampuan memimpin, wawasan yang spesifik dan pengalaman karir sebelumnya.

Oleh karena itu resume merupakan sebuah awal dan pembeda antara anda dengan yang lainnya sebelum sesi wawancara kerja, tujuannya adalah menempatkan anda pada posisi yang berbeda dengan kandidat yang lainnya dan menjadi satu yang terbaik dari sekian banyaknya kesamaan.

  • Ketika seorang personalia atau perusahaan pewawancara mempersiapkan sesi putaran awal wawancara akan ada banyak kandidat yang mereka pilih dan anda adalah salah satu diantaranya. Namun sebelum para kandidat melalui pintu utama perusahaan pewawancara mental diurutkan berdasarkan dua kategori, sebagian besar berdasarkan resume mereka dan selebihnya melalui halaman LinkedIn.

Para kandidat dengan resume terbaik akan memasuki sesi wawancara yang berbeda, karena pewawancara cenderung menganggap layak untuk dibedakan dengan kandidat lainnya.

Biasanya hanya ada satu atau dua orang dalam kategori ini, mereka adalah orang yang memiliki kemungkinan untuk dipekerjakan, karena pewawancara akan mengkonfirmasi dan menganggap perusahaan lebih unggul dari pesaingnya dalam perihal akuisisi bakat. Oleh karena itu kandidat yang memiliki kriteria ini akan menjalani wawancara yang lebih ramah dan mengurangi perihal yang bersifat konfrontatif.

Selanjutnya adalah kandidat yang biasa disebut “the usual suspects”, kandidat yang dinilai berdasarkan resume mereka dan hampir sulit untuk membedakan antar satu dengan yang lainnya. Ini adalah termasuk yang mayoritas dari sekian kandidat yang akan di interview dan mereka memasuki ruang wawancara perlu untuk menjual diri dari detik pertama hingga berakhir sesi wawancara, karena secara mental pewawancara akan memasuki tahap eliminasi dan mencari kandidat yang dapat menghindari pertentangan dalam lima menit pertama kemudian akan lanjut pada tahap selanjutnya.