Kerja sambil kuliah atau kuliah dulu baru kerja?

Bagi kamu yang sedang galau memutuskan langkah selanjutnya dalam studi kamu, pertanyaan #AskUrbanhire minggu ini dari Panggih akan sangat relevan untuk teman-teman yang sedang dalam proses memutuskan untuk kuliah S1 atau yang sedang ingin melanjutkan kuliah ke S2.

Kerja sambil kuliah? Atau Kuliah dulu baru kerja?


Dear Job Seekers,

Apapun pilihan kamu tergantung dari situasi, kondisi, prioritas dan kemampuan kamu. Masing-masing pilihan ada plus minusnya, pada akhirnya kamu sendiri yang harus menentukan.

Kuliah sambil kerja

Keuntungan kuliah sambil kerja adalah kamu bisa mendapatkan pengalaman real life yang berhubungan langsung dengan kuliah kamu dan sebaliknya, apa yang kamu pelajari bisa kamu terapkan di kehidupan kerjamu. Gaji yang kamu terima dari bekerja juga dapat membiayai uang kuliah kamu loh.

Tapi apabila kamu orangnya enggak bisa membagi waktu harus hati-hati ya. Apabila tugas kuliahmu sedang banyak, pekerjaanmu akan terbengkalai dan begitu juga sebaliknya. Nanti kamu bisa kena omelan bos-mu di kantor atau orang tua-mu di rumah. Selain itu, kalau kamu kecapaian kamu kan tidak dapat memberikan hasil yang maksimal.

Dengan kuliah paruh waktu, kamu juga akan lebih lama lulusnya. Jadi niatmu mesti sekuat baja ya, jangan mudah menyerah!

Kerja setelah lulus

Pilihan ini sih sepertinya yang paling mainstream dan yang hampir semua orang lakukan. Dengan begini, prioritas kamu jelas. Kamu bisa mendedikasikan waktu sepenuhnya untuk pekerjaanmu dan enggak ada atasan kamu yang akan ngoceh-ngoceh karena pekerjaan tidak beres.

Kalau kamu sedang menempuh pendidikan diploma atau S1, kamu harus pintar-pintar cari kerjaan yang sesuai dengan minat dan pendidikan kamu ya. Kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan lulusan lainnya untuk sebuah posisi di perusahaan. Maka dari itu, walaupun kamu niatnya kerja setelah lulus, tidak ada salahnya untuk magang dulu di tahun terakhir kamu kuliah agar mendapatkan sedikit pengalaman kerja yang bisa menjadi competitive advantage di CV kamu.

Pilihan yang manapun baik, asalkan kamu menjalaninya dengan sungguh-sungguh.


Support by Urbanhire, untuk melihat sumber artikel klik disini