Tips Menemukan Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Para pencari kerja yang belum mengenal potensi dirinya cenderung susah mendapat kerja atau menyukai pekerjaannya. Orang-orang ini biasanya menjawab “saya bisa kerja apa saja”, “asal bisa kerja”, atau “yang penting kerja”.

Membuka diri di berbagai bidang itu bagus, tapi kalau kita sama sekali gak ada bayangan kita maunya kerja seperti apa, kita bisa melakukan banyak kesalahan dalam proses pencarian kerja. Asal nulis CV, asal melamar kerja, atau tak menyukai pekerjaan yang sudah kita dapat. Akhirnya belum selesai masa percobaan, kita keluar dan harus mencari pekerjaan lagi deh. Sementara uang saku terus berkurang.

Jika Pencari Kerja mengalami hal seperti ini, bisa susah nih nanti kalau masuk dunia kerja. Supaya lebih gampang, coba ikutin tips berikut ini.:

1.Temukan apa yang kamu suka dan bisa lakukan

Dari sekolah sebenarnya kamu bisa liat apa yang kamu suka dari ekstrakurikuler, pelajaran sekolah, atau hobimu di waktu luang. Jika kamu suka berorganisasi, kamu bisa mencari pekerjaan yang banyak berinteraksi dengan orang lain, atau jika kamu suka di laboratorium, kamu bisa pilih pekerjaan yang banyak di kantor. Setiap orang punya talenta, tapi itu harus dicari.

2.Lihat deskripsi pekerjaan lowongan kerja

Mulai liat-liat lowongan kerja yang ada di offline atau online. Perhatikan deskripsi kerja tiap posisi, dan pastikan kamu mengerti apa maksudnya. Kamu bisa tanyakan pada teman atau keluarga kalau kurang mengerti.

3.Mulai buat CV dan melamar kerja

Setelah tahu kerjaan apa yang kamu mau, saatnya mencoba melamar kerja. Satu cara yang mudah adalah melamar via online di berbagai website dan aplikasi job portal. Job portal biasanya sudah punya berbagai fitur untuk membuatmu gampang melamar kerja, Manfaatkan teknologi dan mulailah bekerja sekarang.